Selasa, 30 September 2014

TUGAS PURBAKALA INDONESIA

OLEH : FATIMAH AZZAHRA
NIM : I1C114005
MK : PURBAKALA INDONESIA
TGL : 30 SEPTEMBER 2014


MASJID AGUNG AL-ISTIQAMAH
KAB. TANJUNG JABUNG BARAT, KUALA TUNGKAL

Pada zaman dahulu di mesjid agung kuala tungkal ini merupakan sebuah perkumpulan kebatinan bernafaskan agama islam yang bertujuan untuk mengusir keberadaan belanda di kuala tungkal.
pada kala itu jamaah yang sedang ramai melaksanakan sholat,membubarkan diri menghindarkan serangana belanda yang berusaha memasuki kota kuala tungkal dengan cara menghujani kota dengan tembakan arteleri pada tanggal 21 januari 1949 jamaah yang membubarkan diri mengungsi ke berbagai tempat yang dilakukan oleh staf pemerintahan TNI.kemudian pada zaman dahulu perkembangan masjid ini tidak terlepas dari 3 hal pemerintahan,pendidikan dan masjid.masjid ini di bangun pada tahun 1940 penyerahan wakaf tanah dari H.Badaruddin seluas 1.7,7m x 47,7m.masjid agung ini berdampingan dengan madrasah Al-Hidayatul Islamiyah yang didirikan oleh K.H.Daud Arief.Selain itu masjid ini juga sebagai markas pejuang kemerdekaan sehingga kalangan jamaah banyak yang jadi pemimpin dan banyak yang gugur dalam perjuangan kemerdekaan rakyat indonesia.
Di masjid agung ini merupakan pusat penyiaran agama islam seperti mengadakan pengajian ilmu-ilmu agama,tauhd,fiqh,tasauf,tafsir,dan hadits serta qira'atil qur'an serta terjadwal.
Renovasi serambi kanan dan serambi kiri Masjid Agung Al-Istiqamah Kuala Tungkal tersebut diselesaikan atau dibangun pada tahun 2002 M, dengan dana dari swadaya dan APBD Kabupaten Tanjung Jabung Barat sebesar Rp. 497.071.000,- (empat ratus sembilan puluh tujuh juta tujuh puluh satu ribu rupiah) termasuk renovasi tempat wudhu dan toilet.
Sampai sekarang Masjid Agung Al-Istiqamah Kuala Tungkal terdiri dari ruang tempat shalat bagian dalam dan luar, serambi kanan, serambi kiri, dan serambi depan, serta bangunan penunjang lainnya. Selain itu terdapat style Arab pada beberapa kaligrafi dan mihrob yang berbentuk lengkung. Seperti halnya masjid-masjid tua yang lain Masjid Agung Al-Istiqamah Kuala Tungkal tidak terlepas dengan keberadaan menara. Sampai sekarang Masjid Agung Al-Istiqamah Kuala Tungkal memiliki satu menara yang digunakan sebagai tempat untuk tempat pengeras suara dan pemancar Radio.
 Untuk masuk kedalam Masjid Agung Al-Istiqamah Kuala Tungkal ada enam buah pintu utama, yaitu berada di depan dua buah pintu, di samping kanan ada dua buah pintu dan di samping kiri juga ada dua buah pintu. Pintupintu tersebut terbuat dari kayu Jati dan terukir dengan indah.
Masjid tersebut juga memiliki empat tiang utama masjid yang ukurannya cukup besar-besar dan 12 tiang utama serambi masjid. Sementara untuk kelantai dua harus melalui dua buah tangga yang berada disebelah kiri dan kanan dalam teras masjid. Dalam keseharian masjid ini. Di gunakan. Sembahyang jamaah, dan pada bulan ramadhan ini. Setiap waktu Terutama waktu dzhuhur. Dan A’shar,  ada sekitar 450 jamaah yang bersembahyang di masjid tersebut. ” Kalau waktu Zhuhur, biasanya ada 450 jamaah di sini.

 


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar